Kegiatan pembelajaran online atau sekolah daring telah berlangsung sejak Pandemi Covid-19 pada bulan Maret 2020 hingga saat ini. Kondisi pembelajaran ini menuntut para pengajar dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi untuk lebih kreatif dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa.

Guru TK menghadapi tantangan tersendiri saat memberikan materi kepada siswa didiknya. Siswa TK yang berusia dini tersebut akan bisa belajar dengan efektif jika menggunakan media pembelajaran yang jelas bentuknya agar dapat dipahami dengan mudah. Selain itu, siswa TK juga harus belajar dengan cara yang menyenangkan dan menggunakan media yang menarik perhatiannya.

Media pembelajaran berupa video animasi merupakan salah satu video yang dapat memberikan pembelajaran secara efektif kepada siswa TK. Tim pengabdian dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, yang di ketuai oleh  Narastri Utami, M.Psi, Psikolog dan beranggotakan dua dosen lainnya yakni Mulianti Widanarti, M.Psi, Psikolog dan Katrim Alifa P., M.Psi, Psikolog mengadakan pelatihan untuk guru TK agar dapat terampil membuat media pembelajaran berupa video animasi.

Pelatihan yang diadakan tanggal 26 Agustus 2021 dihadiri oleh guru-guru TK dari Hanacaraka Edukids Montessori School. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru TK dalam membuat video pembelajaran berupa video animasi dengan menggunakan aplikasi PowToon. Setelah mengikuti pelatihan, para guru TK Hanacaraka mengatakan lebih percaya diri untuk membuat video animasi sendiri. Harapannya semakin banyak guru TK yang dapat membuat media pembelajaran berupa video animasi dan mengunggahnya di kanal YouTube sehingga pilihan belajar anak dapat semakin bervariasi.

 

 

 

Kategori: Berita