Sabtu, 27 Februari 2021, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan seminar nasional dengan tema “Mempersiapkan Generasi Digital yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inovatif, dan Peduli di Era Society 5.0”. Seminar ini dilakukan secara daring dengan dihadiri oleh lebih dari 240 peserta dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Seminar Nasional sociopreneurship ini menghadirkan Gusti Kanjeng Ratu Bendara, Panghageng Kawedanan Hageng Punakawan Nitya Budaya Kraton Yogyakarta, yang juga merupakan Presiden Indonesia Council for Small Business, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai pembicara. Seminar juga mengundang seorang sociopreneur yang populer di berbagai media sosial, Rhaka Ganisatria, CEO (Chief Executive Officer) dari platform sosial “Menjadi Manusia”. Acara yang dimoderatori oleh Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Nina Fitriana, M.Psi., Psikolog juga menghadirkan Dr. Sri Muliati Abdullah, M.A., Psikolog sebagai pembicara yang merupakan Ketua Program Studi Magister Psikologi UMBY.

Dekan Fakultas Psikologi, Reny Yunisanti, M.Psi., Psikolog berharap seminar nasional ini dapat menjadi inspirasi bagi para peserta untuk menjadi seorang sociopreneur yang kreatif, inovatif, dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat sesuai dengan visi dan misi UMBY. Dekan juga menyatakan bahwa menjalin relasi untuk membangun komunitas dan sistem yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar merupakan hal yang sangat penting sehingga kewirausahaan dapat menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ekonomi maupun sosial.   

Dalam paparannya, Gusti Kanjeng Ratu Bendara menekankan bahwa salah satu hal yang dapat dilakukan dalam memulai suatu usaha yaitu dengan melihat permasalahan sosial yang muncul di masyarakat sehingga usaha tersebut dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat. Gusti Bendara juga mengingatkan pentingnya filosofi kearifan lokal dalam menjalankan usaha yang berkelanjutan. Gusti Bendara mengingatkan kembali mengenai filosofi Pangeran Mangkubumi, bahwa setiap manusia memiliki tugas untuk Hamemayu Hayuning Bawana (menjaga keselarasan alam raya dan seluruh isinya) dan Sangkan Paraning Dumadi (setiap manusia wajib memahami dari mana mereka berasal dan akan kemana mereka kembali).

Dr. Sri Muliati Abdullah, M.A., Psikolog, menyampaikan bahwa dari beberapa best practice dan kisah sukses para sociopreneur dalam lingkup nasional maupun internasional, membahagiakan orang lain dan ‘persistensi’ menjadi kata kunci dari kesuksesan seorang sociopreneur. Sementara Rhaka Ganisatria, menjelaskan bagaimana pengalaman masa lalunya menjadi inspirasi untuk menyebarkan semangat perubahan positif kepada orang lain melalui platform sosial bernama “Menjadi Manusia”. Rhaka berprinsip bahwa bisnis apapun yang kita lakukan harus memiliki dampak positif bagi masyarakat.  Melalui platform YouTube, Instagram, dan Podcast, Rhaka dan timnya memproduksi konten-konten positif yang dapat membantu orang lain menyelesaikan berbagai permasalahan pribadi yang kadang tabu untuk dibicarakan dengan orang lain. 

Kategori: Berita