Yogyakarta – (PsiUMBY). Prodi Psikologi S1 menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum Kampus Merdeka Belajar pada hari Selasa (8/12). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 32 dosen Prodi Psikologi S1 Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Meskipun melalui daring, kegiatan lokakarya dengan tema Peninjauan Kurikulum untuk Kampus Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah berjalan dengan lancar.

Dibuka dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Ibu Reny Yuniasanti, M.Psi., Psikolog., menyampaikan untuk bersama-sama belajar mengenai Kurikulum Merdeka Belajar agar bisa dijadikan sebagai arahan penerapan kurikulum di Prodi Psikologi S1.

Materi Lokakarya disampaikan langsung oleh Ibu Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih dari UGM. “Dalam proses pembeajaran, HOTS itu memang harus diutamakan. Meskipun sudah ada, tinggal bagaimana nanti proses pengembanganya”. Tutur pemateri Lokakarya. Selain itu, pemateri juga memberikan apresiasi kepada Psikologi UMBY yang mulai mengembangkan pola Artificial Intelligence dan sosiopreneurnya. Sehingga interpreneur mindset akan menjadi satu poin penting yang bisa dimasukkan di kurikulum Psikologi UMBY.

Setelah selesai penyampaian Lokakarya oleh Ibu Peni, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tersebut, menjadikan kegiatan lokakarya menjadi lebih baik karena bisa menjadi wadah diskusi dari peserta dengan pemateri. Salah satunya adalah pembahasan mengenai kebijakan jumlah SKS yang terdapat hubunganya dengan OBE dari pertanyaan Ibu Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M selaku Rektor UMBY.

Harapanya, melalui kegiatan Lokakarya Peninjauan Kurikulum Merdeka bisa menjadikan kurikulum Prodi Psikologi S1 lebih baik dengan mengacu kurikulum Kemendikbud RI. (HMD)

Kategori: Berita