Visi, Misi & Tujuan

VISI, MISI DAN TUJUAN
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI – UMBY

VISI

Mengacu pada visi UMBY dan Fakultas Psikologi, maka visi program studi adalah terwujudnya program studi Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang memiliki komitmen untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat sesuai dan sejalan dengan cita-cita yang tertanam dalam semboyan Angudi Mulyaning Bangsa, memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, yang bertaraf nasional dan berwawasan internasional.

MISI

Sesuai dengan visi di atas, misi program studi ini adalah menyediakan jasa pendidikan tinggi yang bermutu untuk membantu mewujudkan cita-cita kesejahteraan semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan proses belajar mengajar yang berkualitas, kegiatan penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat.

TUJUAN

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan yang ingin diraih yaitu untuk menghasilkan lulusan bermutu, tangguh, berbudi luhur dan berjiwa pemimpin dengan karakter kompetensi :

  1. mampu menguasai berbagai teori psikologi
  2. mampu memahami problematika dalam ranah psikologi
  3. adanya kesiapan untuk menempuh studi lanjut S2 guna penguasaan bidang psikologi secara lebih mendalam
  4. mampu menerapkan ilmu psikologi melalui kegiatan penelitian ilmiah dan pengabdian yang berguna bagi masyarakat luas

SASARAN

Menyadari urgensi kepentingan untuk mewadahi kebutuhan akan peran psikologi di tengah perubahan jaman yang fluktuatif dan kian diperlukannya kontribusi psikologi oleh masyarakat dewasa ini, maka sasaran program studi ditujukan untuk meluluskan sarjana sesuai dengan visi, misi dan tujuan melalui kegiatan perkuliahan yang berkesinambungan dengan jangka waktu masa studi sesuai jenjang pendidikan strata 1.

STRATEGI PENCAPAIAN

Untuk mencapai tujuan dan sasaran sesuai visi dan misi program studi maka ditetapkan strategi sebagai berikut :

  1. Sosialisasi visi, misi, tujuan dan sasaran program studi kepada seluruh civitas akademika.
  2. Kurikulum yang selalu dievaluasi secara periodik (minimal setiap 2 tahun sekali) untuk disesuaikan dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan masyarakat.
  3. Peningkatan kualitas serta kuantitas kegiatan penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat.
  4. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia melalui peningkatkan kompetensi, profesionalitas dan perluasan wawasan bagi dosen dan tenaga kependidikan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah minimal 1 kali dalam satu semester serta serta dengan melakukan berbagai macam penelitian ilmiah (untuk pengembangan ilmu psikologi) minimal 1 kali dalam satu tahun).

SOSIALISASI

Upaya diseminasi/sosialisasi visi, misi, dan tujuan program studi kepada seluruh sivitas akademika (dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan) yang dilaksanakan dengan :

  1. pencantuman visi, misi, tujuan dan sasaran program studi pada buku “Pedoman Akademik” yang diberikan pada sivitas akademika
  2. pemasangan papan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi di lingkungan fakultas
  3. penyelenggaraan kegiatan program studi yang senantiasa diarahkan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan program studi.