Yogyakarta, dndsandyra.com –  Sebagai bentuk komitmen untuk mewujudkan pendidikan dan lulusan yang berkualitas, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) senantiasa melakukan inovasi dalam penyusunan kurikulum dan metode pembelajaran. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah pengembangan kurikulum berbasis luaran atau Outcome-Based Education (OBE), yang dalam penyusunannya juga telah disesuaikan dengan Pedoman Kurikulum Perguruan Tinggi (PKPT) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) Republik Indonesia.

OBE merupakan desain kurikulum yang berfokus pada apa yang dicapai oleh mahasiswa di akhir perkuliahan, sehingga lulusan yang dihasilkan akan lebih kompeten dan sesuai dengan kompetensi masing-masing program studi. Untuk mendukung tujuan tersebut, pada hari Senin (8/11/2021) Fakultas Psikologi UMBY mengadakan sesi sharing implementasi Kurikulum OBE dengan pembicara Ir. Wafit Dinarto, M.Si yang merupakan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan dosen di Program Studi Agroteknologi UMBY.

Dengan dipandu Aditya Putra Kurniawan, MSH, Couns. yang juga merupakan koordinator pengajaran di Fakultas Psikologi UMBY selaku moderator. Dalam pemaparannya, Ir. Wafit Dinarto, M.Si  menyampaikan dua hal yang harus dipersiapkan dalam kurikulum OBE, yaitu Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan sistem asesmen pembelajaran yang idealnya harus tercantum di dalam RPS. “Pimpinan universitas akan mendukung pengembangan kurikulum OBE di semua program studi yang ada di berbagai fakultas di UMBY.” terang Wafit mengenai implementasi OBE. Dekan Fakultas Psikologi UMBY, Reny Yuniasanti, M.Psi. Psikolog. menyatakan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda lanjutan dari workshop OBE yang pernah diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UMBY.

Kategori: Berita