PSKK Psikologi UMBY Gelar Psikoedukasi Caregiver Berdaya

  • By adminpsi
  • 05/12/2022
  • Berita

Orang tua dengan anak berkebutuhan khusus menemukan tantangan besar dalam menerima keadaan anak. Menyikapi hal tersebut, tim peneliti, pengabdi, sekaligus dosen yang tergabung dalam Pusat Studi Keluarga dan Komunitas (PSKK) Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan serangkaian asesmen awal mengidentifikasi kebutuhan disabilitas di Kecamatan Sedayu..

Mereka terdiri atas Aditya Putra Kurnawan MSH Cons selaku ketua, Nanda Yunika Wulandari MPsi Psikolog selaku Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Angelina Dyah Arum Setyanintyas MPsi Psikolog selaku Koordinator Bidang Kebijakan dan Advokasi, serta tim peneliti yang terdiri dari Katrim Alifa Putrikita MPsi Psikolog dan Malida Fatimah MS Couns.

Disampaikan Aditya Putra Kurnawan dari hasil asesmen didapatkan data bahwa orangtua, terutama ibu dengan anak disabilitas memiliki rasa bersalah terhadap anak, keterbatasan pengetahuan mengenai cara merawat dan mendidik anak dengan disabilitas, kurang mendapat dukungan dari pasangan maupun lingkungan terdekat. Semua permasalahan tersebut membuat ibu dengan anak penyandang disabilitas mengalami tekanan mental berat.

Kondisi tersebut menyebabkan orang terdekat yang berperan dalam pendampingan anak (caregiver) kurang mampu berdaya secara optimal dan mengakibatkan anak dengan disabilitas menjadi kurang mandiri. Berdasarkan permasalahan yang didapat tersebut Pusat Studi Keluarga dan Komunitas UMBY membuat modul pelatihan dan menginisiasi kegiatan “Psikoedukasi Caregiver Berdaya” , Jumat, 11/11/2022 dan Sabtu, 12/11/2022

Angelina Dyah Arum Setyanintyas MPsi Psikolog selaku Koordinator Bidang Kebijakan dan Advokasi mengatakann bahwa secara umum, para peserta tampak antusias mengikuti keseluruhan kegiatan hingga akhir. “Responnya peserta sangat antusias, dan di sesi akhir, peserta juga diajarkan bagaimana penanganan maupun latihan-latihan praktis yang dapat dilatihan di rumah,” ucap Angelina.

Sumber: https://siarpedia.com/2022/11/18/pskk-psikologi-umby-gelar-psikoedukasi-caregiver-berdaya/