Pandemi tidak menghentikan langkah para dosen Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) untuk mengabdi. Justru, pandemi merupakan momentum yang berpotensi mejadi titik balik dalam kehidupan seseorang untuk menemukan kekuatan tersembunyi dalam dirinya dan kemudian membangun kekuatan tersebut untuk turut menguatkan orang-orang di sekitarnya.

Oleh karena itu, pada Rabu (9/6-2021) lalu, Pusat Studi Keluarga dan Komunitas (PSKK) Fakultas Psikologi UMBY menyelenggarakan webinar bertaraf internasional bertajuk “Cultivating Strength in Times of Stress: Membangun Kekuatan Diri untuk Menguatkan Sesama”.

Kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat kolaboratif (joint community service) antara Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia. Webinar tersebut diselenggarakan secara daring via Zoom dan dihadiri oleh lebih dari 400 peserta dari UMBY dan juga UPSI.

Sebanyak enam orang narasumber memberikan materi seputar stres, kesehatan mental, psikologi positif, dan kesukarelawanan dengan dipandu oleh dua orang moderator, yakni Angelina Dyah Arum Setyaningtyas, M.Psi., Psikolog dan Malida Fatimah, S.Psi., M. Cons yang merupakan dosen Fakultas Psikologi UMBY dan tergabung dalam tim PSKK.

Tiga orang dosen Fakultas Psikologi UMBY yang menjadi narasumber yakni Aditya Putra Kurniawan, S.Psi., MSHCounselling, Nadya Anjani Rismarini, M.Psi., Psikolog, dan Nanda Yunika Wulandari, M.Psi., Psikolog. Ketiganya juga tergabung dalam tim PSKK Fakultas Psikologi UMBY.

Adapun tiga orang narasumber dari UPSI yakni Prof. Dr. Mohammad Aziz, S.M.A., Dr. Fauziah Mohd Sa’ad, dan Faizura Rohaizad. Meskipun berlangsung selama hampir 10 jam dan menggunakan dua bahasa (Indonesia dan Malaysia), namun para peserta tetap aktif bertanya dalam setiap sesi diskusi. Mereka menyampaikan bahwa mendapatkan banyak pengetahuan yang bermanfaat melalui webinar tersebut.

Sumber: https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/selenggarakan-webinar-internasional-di-tengah-pandemi-bukti-dosen-umby-tak-henti-mengabdi

Kategori: Berita