Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan pelantikan sumpah profesi psikolog Angkatan ke XVIII secara virtual. Sebanyak 39 orang calon psikolog yang dilantik terdiri 23 orang dari peminatan psikologi klinis, 5 orang dari peminatan psikologi pendidikan, dan 13 orang dari peminatan psikologi industri dan organisasi.

Pengambilan sumpah profesi ini dihadiri Ketua Umum HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia), Rektor UMBY Dr. Alimatus Sahrah MSi MM., Dekan beserta jajaran pimpinan, dosen, staf tenaga kependidikan Fakultas Psikologi UMBY, serta perwakilan orang tua, Kamis, 29/04/2021). Pengambilan sumpah profesi dipimpin oleh Ketua Umum HIMPSI, Prof. Dr. Seger Handoyo, Psikolog dan kemudian dikukuhkan oleh rohaniawan lintas agama.

Pengukuhan dari rohaniawan Islam dilakukan oleh H. Agus Achmad Machali, rohaniawan Kristen oleh Pdt. Kriswoyo, M.Si., rohaniawan Katolik oleh Hieronymus Rony Suryo dan rohaniawan Hindu oleh Drs. I Nyoman Warta, M.Hum. Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah psikolog oleh keempat rohaniawan yang kemudian ditunjukkan kepada seluruh peserta secara virtual.

Ketua Prodi Magister Psikologi Profesi UMBY Dr Sri Muliati Abdullah MA Psikolog menyerahkan Sertifikat Sebutan Psikolog (SSP) dan Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP), serta secara simbolis melakukan pengalungan selempang gelar psikolog kepada para psikolog baru  yang diwakili Nindyo Prasetyo dan Rozan Ismatul Maula. Dalam acara ini, Ketua HIMPSI juga menyampaikan ucapan selamat kepada para psikolog baru.

 “Terima kasih kepada dosen dan staf UMBY,“

“Terima kasih kepada dosen dan staf UMBY,“ kata perwakilan psikolog baru Rozan Ismatul Maula MPsi Psikolog. Selain dari mahasiswa, sambutan juga disampaikan oleh perwakilan orang tua dan wali yang disampaikan oleh Widarto, SE., M.M. Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah MSi MM dan Dekan Fakultas Psikologi Reny Yuniasanti MPsi Psikolog menyampaikan ucapan selamat. (*)

Sumber: https://siarpedia.com/2021/05/03/umby-lahirkan-39-psikolog-baru/

Kategori: Berita